Hidup Serba Prihatin, Nelayan Butuh Perlindungan

Hidup Serba Prihatin, Nelayan Butuh Perlindungan

Sejumlah akademisi dan politisi mendesak pemerintah membuat undang-undang yang mengatur perlindungan terhadap nelayan. Hal ini penting untuk menjamin kehidupan nelayan dalam situasi apapun. “Saatnya Pemerintah peduli terhadap kesejateraan dan keamanan nelayan. Jangan ada lagi kriminalisasi” kata Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan, M. Riza Damanik,  Rabu, 16 Januari 2013.

Dalam Temu Akbar Nelayan Indonesia 2013 di Gedung Joang 45, Jakarta, hari ini, Riza mengatakan kehidupan nelayan memprihatinkan baik dari sisi ekonomi maupun sosial budaya. “Kehidupan mereka semakin memprihatinkan manakala sering berurusan dengan penegak hukum,” ujarnya. “Banyak kasus nelayan yang mencoba mengusir para pencuri ikan, kok justru mereka yang ditangkap.”

Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Sri Edi Swasono, menambahkan pemberdayaan nelayan dipastikan tidak akan memberatkan keuangan negara. Dengan pemberdayaan dan perlindungan terhadap nelayan justru akan menguatkan sistem keamanan digaris pantai. “Makin sejahtera nelayan maka makin besar perannya mengamankan kedaulatan bangsa,” ucapnya.

Sri Edi yang juga menjabat sebagai Penasihat Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kepala Bappenas menambahkan, negara mengembalikan sistem ekonomi pada ekonomi kerakyatan tanpa mengenyampingkan globalisasi, perdagan dunia serta perdagangan bebas Asia. “Sayangnya yang terjadi sekarang ini, pembanguan identik dengan menggusur orang miskin bukan menggusur kemiskinan.”

Wakil Ketua DPR, Pramomo Anung Wibowo, sependapat dengan tututan agar pemerintah dan legislatif mengeluarkan undang-undang pro-nelayan. Menjelang Pemilu biasanya Pemerintah dan DPR tidak sulit mengeluarkan kebijakan yang menyentuh kepentingan rakyat. “Secepatnya melakukan lobi-lobi pada pemerintah. Masih ada waktu setahun lebih untuk mewujudkannya,” katanya.

Sumber : PARLIZA HENDRAWAN di TEMPO.CO, Jakarta.

http://id.berita.yahoo.com/hidup-serba-prihatin-nelayan-butuh-perlindungan-060433776–finance.html

 

Iklan

Tentang Nurfirman Ephie

Bersahaja...Cinta dan mancintai keindahan, kejujuran dan keadilan.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s