DEPATI

Depati merupakan gelar yang diberikan kepada Pasirah Kepala Marga yaang telah terpilih secara demokratis selama tiga kali. Satu periode masa pemerintahan kepala marga adalah 10 tahun. Gelar ini pada awalnya dianugerahkan oleh Sultan Kesultanan Palembang Darussalam, dengan memberikan sebuah Piagam yang ditandatangani dan diberi cap Sultan.

Setelah Sultan Mahmud Badaruddin II yang memerintah dari tahun 1803 s.d. 1821 (SMB II, wafat di Ternate tahun 1852) dikalahkan dan dibuang oleh Belanda pada tahun 1821 ke Ternate, kemudian Pemerintahan Hindia Belanda menobatkan Raden Muhammad Husien Dhiya`uddin, adik SMB II dengan gelar Sultan Ratu Ahmad ‎Najamuddin (1821-1823) dan menghapus Pemerintahan Kesultanan Palembang secara sepihak tahun 1823 karena berhasil membuat keluarga Sultan saling perang sehingga pemerintahan kesultanan tidak efektif dan banyak gangguan. Maka seja 1824 pemerintahan Kesultanan Palembang Darussalam diambil alih oleh Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda, dan Pemerintah Hindia Belanda melalui Residensi Palembang yang dikepalai oleh Residen tetap melanjutkan tradisi ini. Begitu pun, setelah Indonesia merdeka melalui Proklamasi 17 Agustus 1945, penganugerahan Gelar Depati masih tetap dilakukan sampai akhirnya Pemerintahan Marga dihapus oleh Pemerintahan Presiden Soeharto dengan Undang-undang pokok-pokok pemerintahan desanya (UU Nomor 5 Tahun 1979) yang dilaksanakan secara efektif mulai tahun 1983/1984.

Sekarang DEPATI diabadikan oleh Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan – Kepulauan Bangka Belitung (Bank Sumsel Babel) menjadi produk andalannya berupa DEposito tanPA penalTI. Terima kasih Bank Sumsel Babel yang tetap mengabadikan DEPATI di hati masyarakat Palembang Darussalam.

Iklan

Tentang Nurfirman Ephie

Bersahaja...Cinta dan mancintai keindahan, kejujuran dan keadilan.
Pos ini dipublikasikan di Inspirasi, Marga, Palembang Darussalam. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s